Minggu, 20 Mei 2018

Tutorial membuat CV sederhana dan jelas ala Rose Lolita

Tutorial membuat CURICULLUM VITAE (CV) ala Rose Lolita

          Curicullum vitae biasanya di gunakan oleh teman-teman yang ingin mencari kerja kalau kata kerennya Job Seeker. Curicullum vitae adalah resume pribadi seseorang yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Tujuan utama pembuatan Curicullum Vitae adalah menginformasikan kepada orang lain mengenai kemampuan kita. Biasanya Kalau saya pribadi sih daripada minta bikinin terus bayar kan lebih enak bikin sendiri bisa nambah ilmu juga buat ngedit-ngedit foto. Naahhh....kunci untuk membuat Curicullum Vitae (CV) yang tertata rapi, bagus enak di pandang adalah kemampuan dalam menggunakan media edit foto seperti Coreldraw atau Photo Shop dan keterampilan.
            Yang pertama kemampuan mengedit gambar menggunakan media edit foto adalah kunci utama untuk mahir dalam membuat Curicullum Vitae. Jadi alangkah baiknya jika ingin membuat CV haruslah mengerti dasar-dasar penggunaan media edit foto. Kalau dasar-dasarnya sudah bisa InsyaAllah nanti akan bisa berkembang ke depannya dengan mencoba coba fitur yang ada di dalamnya. Di coba-coba aja lama-lama pinter kok. Kalau saya pribadi hanya bisa mengedit-edit foto dengan menggunakan media edit foto yaitu Corel Draw. Dulu awalnya ya saya nggak bisa pakek Corel Draw tapi karena ada tuntutan dari salah satu mata kuliah untuk membuat cover buku ya saya akhirnya belajar sendiri dan akhirnya bisa. Intinya kalau kita mau belajar pasti bisa.
           Kemudian yang kedua adalah keterampilan. Keterampilan yang di maksud adalah pemilihan font, pola dan juga warna. Font yang dimaksud adalah enak di lihat, sehingga ketika orang membaca itu enak aja gitu bacanya. Kalau terlalu kecil juga susah bacanya, terlalu besar jugak susah bacanya. Saya punya referensi font yang biasanya saya gunakan:

High Tower Text

Baskerville Old Face 


Century Schoolbook

Garamond
 

Menurut saya font diatas enak aja gitu di lihatnya tidak terlalu rapat-rapat, atau terlalu berjauhan. Masih banyak lagi contoh font yang bagus dan enak di lihat lainnya, font itu hanya favorit saya saja kalau kalian punya kesukaan sendiri ya tidak apa-apa di gunakan.
            Setelah pemilihan font yang bagus selanjutnya pemilihan pola yang digunakan untuk Curicullum vitae. Pola ini tidaklah harus warna warni, ngejreng, harus bulat bulat, kotak-kotak. Pola itu harus yang enak dilihat, sederhana, elegan dan tidak penuh ketika di lihat.
Saya kasih contoh pola yang kurang pas ketika di lihat.
Sebenernya sudah bagus curicullum vitae yang saya buat tapi terkesan lebih ramai, penuh, tidak sederhana dan tidak to the point. Kemudian saya membuat lagi supaya lebih enak di lihat.
Bedakan antara keduanya, lebih enak di lihat yang atas atau yang bawah.
         Seperti yang saya jelaskan di atas CV merupakan mediator kita yang digunakan untuk mengenalkan kemampuan kita kepada orang lain. Jadi CV ini isinya harus jelas dan tidak membingungkan.
                Disini intinya saya ingin membagi beberapa tips supaya CV kamu bisa langsung di lihat sama orang lain. Semoga bermanfaat sdkt ilmu saya.
                                                         SEMANGAT JOB SEEKER
                                                       ASALAMUALAIKUM... :-)

2 komentar:

  1. Iya, aku juga kayak gini ce kalo bikin
    Etapi lebih sederhana sih, maksudnya medsos2 juga ditampilin, bahkan kalo perlu ditampilin juga followernya, hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. followers :-D
      sumpah caaa...
      brrt masih kurang lengkap CV ku...

      Hapus

Follow Us @soratemplates