Rabu, 22 Juni 2016

# Bioteknologi

LAPORAN PRAKTIKUM KULTUR JARINGAN TUMBUHAN ra IV (Aklimatisasi)


 



LAPORAN
PRAKTIKUM KULTUR JARINGAN TUMBUHAN


Acara IV
(Aklimatisasi)



Oleh
Kelas C/ Kelompok 4

Marisanti                                         (130210103003)
Titan Satria A.                                (130210103014)
Ayuni Dwi Anggraeni                    (130210103024)
Rose Lolita                                                 (130210103027)
Siti Naylatul F.                               (130210103035)
Novi Cahya                                     (130210103037)
Ida Rusminingsih                            (130210103041)
Heni Lusiana                                   (130210103044)
Nina Asmayah                                (130210103047)
Anisya’ Miftahul                            (130210103091)
Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UNEJ





LABORATORIUM KULTUR JARINGAN TUMBUHAN
JURUSAN BUDIDAYA PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016
BAB 1. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan ilmu teknologi pada saat ini semakin pesat salah satunya dalam bidang bioteknologi. Kultur jaringan merupakan salah satu teknik yang berkembang cukup pesat dalam dunia bioteknologi. Teknik kultur jaringan adalah teknik budidaya berbagai bagian tanaman, seperti organ, jaringan, sel, kelompok sel dan protoplas, yang dilakukan secara in vitro. Bagian-bagian tanaman tersebut, yang diistilahkan sebagai eksplan, dipisahkan dari lingkungan alamiahnya dan dibudidayakan pada medium buatan yang steril agar dapat beregenerasi dan berdiferensiasi menjadi tanaman lengkap kembali. Adanya teknik kultur jaringan ini memiliki banyak manfaat diantaranya dapat membudidayakan tanaman dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak serta hasil yang baik.
Kultur jaringan secara in vitro akan dihasilkan tanaman-tanaman kecil yang disebut dengan planlet. Tanaman-tanaman kecil atau planlet ini merupakan calon tanaman baru yang nantinya akan dibudidayakan di lingkungan sesungguhmya. Namun kendala yang biasa dihadapi dalam teknik kultur jaringan ini adalah tingginya tingkat kematian dan kerusakan tanaman ketika dilakukan pemindahan ke kondisi sesungguhnya. Hal tersebut dikarenakan tanaman hasil invitro bersifat peka dan rentan terhadap kondisi lingkungan. Selain itu  palnlet ini merupakan tanaman yang masih bersifat heterotof karena masih berada didalam media tumbuhnya untuk itu tanaman kecil atau planlet ini haruslah diubah menjadi tanaman yang bersifat autotrof. Aklimatisasi yakni proses pembiasaan tanaman dari lingkungan buatan ke lingkungan sesungguhnya. Aklimatisasi ini penting untuk dilakukan karena planlet hasil kultur in vitro biasanya masih bersifat rentan, mulai dari lapisan lilin (kutikula) tidak berkembang dengan baik, kurangnya lignifikasi batang, jaringan pembuluh dari akar ke pucuk kurang berkembang dan stomata sering sekali tidak berfungsi (tidak menutup ketika penguapan tinggi) bila hal ini dibiarkan maka tanaman hasil kultur tidak akan mampu bertahan dilingkungan hidup sesungguhnya oleh sebab itu aklimatisasi penting untuk dilakukan. Sebelum tanaman kultur diletakkan pada  lokasi sesungguhnya terlebih dahulu tanaman ini diaklimatisasi agar dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan hidup. Aklimatisasi ini merubah tanaman yang sebelumnya masih bersifat heterotrof menjadi bersifat autotrof sehingga ketika ia tidak lagi memperoleh nutrisi dari mediumnya ia mampu membuat nutrisinya sendiri, dengan demikian tanaman ini akan dapat bertahan hidup dan tumbuh menjadi tanaman yang sebenarnya.
Pada kultur jaringan tumbuhan, aklimatisasi ini merupakan tahap yang paling dibutuhkan oleh planlet karena terdapat perbedaan kritis antara kedua tempat tumbuh tersebut. Oleh karena itu untuk mengetahui bagaimana  proses aklimatisasi ini, apa saja yang dibutuhkan dan harus diperhatikan dalam proses aklimatisasi maka dilakukan praaktikum aklimatisasi ini.

1.2  Tujuan
Mengetahui proses perubahan kondisi tanaman dan keadaan in vitro menjadi in vivo.
















BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

Tanaman anggrek dengan segala keunik-annya yang memukau, telah menarik per-hatian para penggemar tanaman hias sejak dua abad yang lalu. Anggrek merupakan satu satu jenis tanaman hias yang mem-punyai keindahan bunga yang unik dan daya tahan bunga yang cukup lama jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Keindahan dan daya tarik anggrek terletak pada bentuk dan warna bunganya yang beraneka ragam. Sifat-sifat bunga yang demikian ini menyebabkan anggrek banyak disenangi dan ditanam baik oleh para pengusaha tanaman hias maupun para penggemar anggrek. Salah satu alternatif untuk melestarikan keanekaragaman anggrek secara ex situ yaitu melakukan perbanyakan melalui kultur in vitro. Dengan kultur in vitro, selain dapat dilakukan perbanyakan ang-grek yang sulit maupun yang mudah di-kembangkan secara konvensional, juga dapat memperoleh anakan dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang relatif singkat.
Bibit anggrek yang dikembangkan menggunakan metode kultur jaringan telah banyak diproduksi dan dipasarkan dalam kemasan botol. Pemeliharaan bibit ini menjadi tanaman dewasa masih menemukan banyak permasalahan terutama pada fase aklimatisasi, yaitu pemindahan bibit dari lingkungan aseptik dalam botol ke lingkungan non aseptik. Disamping kemungkinan tanaman sangat sensitif terhadap serangan hama dan penyakit, tanaman ini masih memiliki aktifitas autotrofik yang masih rendah, sulit mensintesa senyawa organik dari unsur hara anorganik. Beberapa masalah fisiologis yang perlu mendapat perhatian dalam usaha meningkatkan baik aktivitas autotrofik maupun viabilitas bibit anggrek botol (Wijayani, 1994).
            Kultur Jaringan (TC) merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk menghasilkan bibit ber-kualitas tinggi bukan menggunakan stek tradisional.Me-miliki fekunditas tinggi, memproduksi ribuan propagul seperti teknik konven-sional (Ogero, 2012). Kultur jaringan merupakan suatu teknik untuk mem-budidayakan tanaman dengan mengambil bagian dari suatu tanaman seperti jaringan tanaman tersebut untuk dijadikan tanaman baru yang mempunyai sifat seperti induknya. Dalam pelaksanaan kultur jaringan, untuk membentuk suatu tanaman baru bagian dari tanaman yang baik untuk digunakan adalah bagian jaringan meristem karena persentase keberhasilannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan jaringan lainnya. Selain itu jaringan meristem juga mempunyai sifat selalu membelah, mempunyai dinding sel tipis, belum mengalami penebalan dan tidak mempunyai zat pektin, selain itu plasmanya juga mempunyai banyak vakuola dengan ukuran yang kecil-kecil. Umumnya orang menggunakan jaringan meristem untuk kultur jaringan karena selnya selalu membelah dan kemungkinan mempunyai hormon yang mengatur pembelahan (Wijayani, 1994).
Tanaman yang dibudidayakan secara in vitro mempunyai kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral yang sama dengan kebutuhan tanaman yang ditumbuhkan di tanah. Unsur-unsur hara tersebut merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang dan harus tersedia dalam media kultur jaringan. Kebutuhan pokok tersebut adalah unsur hara makro dan unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman dalam bentuk garam-garam mineral (Sandra, 2000).Di lingkungan vitro menawarkan kepadatan cahaya rendah, kelembaban tinggi, kehadiran gula dan zat pengatur tumbuh di substrat, dan pertukaran gas rendah, dengan kurangnya CO2 dan kelebihan etilena (Werner, 2016).
Regenerasi tanaman in vitro dapat dicapai dengan menggunakan kultur kalus, organ, sel dan protoplas. Meskipun eksplan jaringan dari jenis pohon umumnya sulit untuk tumbuh di in vitro, kalus dan organ budaya telah digunakan dengan berbagai tingkat keberhasilan untuk budidaya sejumlah tanaman berkayu. Pada awalnya kultur kalus digunakan untuk planlet regenerasi, budaya organ (embrio, kotiledon, meristem tunas) dan sekarang kebanyakan rutin digunakan untuk budidaya tanaman (Mbosowo, 2015). Cara yang banyak digunakan dalam perbanyakan tanaman pada saat ini adalah dengan metode kultur in vitro yang dilakukan untuk perbanyakan tanaman. Bibit yang dihasilkan dari teknik in vitro umumnya masih bersifat heterotrof yaitu belum mampu menyediakan makanan sendiri. Sehingga bibit yang dihasilkan masih rentan terhadap perubahan kondisi lingkungan, hama penyakit sehingga diperlukan adanya tahap aklimatisasi (Purnami, 2014).
          Aplikasi kultur jaringan tanaman semakin meluas penggunaannya terutama dalam menyediakan bibit tanaman secara massal, cepat, murah, dan bebas patogen pada tanaman holtikultura, tanaman pangan, dan tanaman industri. Faktor yang  menentukan keefektifitasan aplikasi bidang bioteknologi adalah efisiensi sistem dan kemampuan regenerasi suatu tanaman. Dalam kultur jaringan tanaman, materi tanaman yang diisolasi (protoplas, sel, jaringan, dan organ) diupayakan untuk tumbuh dan membentuk tanaman baru (Sukmadjaja, 2011). Faktor lain yang menentukan keberhasilan perbanyakan tanaman secara in vitro adalah pemilihan bahan eksplan. Bahan eksplan yang masih muda adalah bahan yang baik untuk digunakan sebagai perbanyakan tanaman secara in vitro. Semakin tua organ tanaman eksplan, maka proses pembelahan dan regenerasi sel cenderung menurun, oleh karena itu jaringan yang masih muda lebih baik digunakan karena pada umumnya jaringan tersebut masih berproliferasi daripada jaringan yang berkayu atau yang sudah tua.
          Monitoring terhadap kultur yang dikonservasi secara in vitro sangat diperlukan untuk mengetahui stabilitas genetik tanaman yang dikonservasi. Penyimpangan hasil mutasi genetik yang muncul pada tanaman bervariasi dan mutasi tidak terlihat pada kultur di dalam botol, kecuali kerdil dan albino. Mutasi genetik akan terlihat setelah tanaman diaklimatisasi di rumah kaca (Syahid, 2008).           Aklimatisasi adalah suatu proses penyesuaian dengan kondisi lingkungan aslinya (Wahyudi, 2006). Aklimatisasi merupakan proses pengadaptasian tanaman hasil kultur jaringan terhadap lingkungan luar yang lebih ekstrim. Ada beberapa perbedaan faktor-faktor lingkungan yang utama dari kondisi kultur jaringan dan greenhouse dengan lingkungan antara lain cahaya, suhu dan kelembaban relatif, selain unsur hara dan media tanam. Komponen cahaya dan suhu dapat disesuaikan dengan pemberian naungan. Variasi tingkat naungan yang dicobakan pada berbagai tanaman pada tahap aklimatisasi yaitu antara 20-90%. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan aklimatisasi tanaman dari hasil kultur in vitro dipengaruhi oleh ukuranbibit, perakaran, media, kelembapan udara,dan serangan hama penyakit.Keberhasilan aklimatisasi tanaman hasil kultur in vitro juga dipengaruhi oleh ukuran bibit, perakaran, media, kelembapan udara, dan serangan hama penyakit(Basri, 2013). Selain itu faktor yang perlu mendapat perhatian pada saat aklimatisasi adalah pemupukan. Pemberian pupuk yang tepat untuk tanaman yang akan di aklimatisasi membantu tanaman untuk bisa beradaptasi dengan baik. Untuk tujuan efisiensi penggunaan bahan kimia serta biaya maka frekuensi pemberian pupuk harus di perhatian. Frekuensi pemberian yang tepat diperlukan untuk mendapatkan pertumbuhan bibit yang paling optimal (Dwiyanti, 2012).
            Aklimatisasi dilakukan secara hati-hati dan bertahap, yaitu dengan memberikan sungkup. Sungkup digunakan untuk melindungi bibit dari udara luar dan serangan hama penyakit karena bibit hasil kultur jaringan sangat rentan terhadap serangan hama penyakit dan udara luar. Setelah bibit mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya maka secara bertahap sungkup dilepaskan dan pemeliharaan bibit dilakukan dengan cara yang sama dengan pemeliharaan bibit generatif. Media yang digunakan dalam tahap aklimatisasi dapat berupa campuran dari berbagai jenis, seperti kompos, pasir, blotong dan lain-lain. Sebelum digunakan media harus disterilkan terlebih dahulu.
          Dalam proses aklimatisasi juga dilakukan penaungan. Naungan dua lapis waring umumnya memberikan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan naungan satu dan tiga lapis waring. Pada naungan dua lapis waring merupakan kondisi lingkungan yang optimal sehingga pertumbuhan tanaman maksimal, pada naungan dua lapis waring merupakan titik keseimbangan antara kebutuhan cahaya dan besarnya transpirasi sehingga unsur hara, air, suhu udara dan cahaya tercukupi untuk pertumbuhan tanaman. Pada tingkat naungan hanya satu lapis waring intensitas cahaya yang diterima tanaman terlalu tinggi, sehingga tanaman berusahan untuk mengimbangi antara kebutuhan intensitas cahaya dengan transpirasi yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tinggi tanaman. Sebaliknya pada tingkat naungan tiga lapis waring, tanaman kekurangan cahaya. Sehingga menyebabkan suhu terlalu rendah dan pertumbuhan tanaman terhambat. Sebaliknya tanpa naungan cahaya terlalu tinggi, suhu juga tinggi sehingga dapat menekan daya kerja auksin (zat pemacu pertumbuhan). Pada siang hari naungan berperan untuk mengurangi tingginya suhu maksimum dengan cara menahan cahaya matahari yang diterima tanaman dan pada malam hari naungan mengurangi turunnya suhu minimum dengan cara menghambat radiasi panas dari bumi ke atmosfer (Basri, 2013).
Proses aklimatisasi sangat penting dilakukan karena sebagai penentu tingkat keberhasilan tanaman yang ber-asal dari in vitro untuk beradaptasi pada kondisi in vivo. Pada proses ini, lingkungan tumbuh berangsur-angsur disesuaikan dengan kondisi lapangan. Planlet hasil kultur in vitro biasanya memiliki perakaran yang sedikit dan lemah. Sistem perakaran yang demikian sangat rentan dan tidak berfungsi dalam keadaan in vivo. Akar tersebut akan segera mati dan harus segera diganti dengan akar yang baru. Penunjang keberhasilan pertumbuhan bibit pada masa aklimatisasi diberikan zat pengatur tumbuh yang dapat merangsang pembentukan akar. Diantaranya adalah jenis auksin, seperti: Naphtha-lena Acetic Acid dan Indole Buteric Acid adalah bentuk terbaik untuk pertumbuhan akar. Pemberian NAA pada konsentrasi yang terlalu tinggi dapat menghambat pertumbuhan dan sebaliknya pada konsentrasi dibawah optimum tidak efektif.
            Beberapa sifat yang kurang menguntungkan dari tanaman hasil regenerasi melalui kultur jaringan adalah lapisan kutikula yang kurang berkembang, jaringan pembuluh akar dan batang kurang sempurna, stomata tidak berfungsi, berkurangnya sel-sel palisade daun, dan lignifikasi batang. Keadaan tersebut menyebabkan bibit kultur rentan terhadap hama, penyakit, dan udara luar sehingga menyulitkan dalam proses aklimatisasinya. Keberhasilan aklimatisasi ditentukan oleh berbagai faktor. Secara umum, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan aklimatisasi tanaman adalah kondisi planlet (ukuran bibit, perakaran), kondisi lingkungan (ketepatan media tumbuh yang digunakan dan kelembapan udara), ketepatan perlakuan sebelum dan sesudah transplantasi dari media in vitro ke media tanah, dan sanitasi lingkungan dari infeksi penyakit.




BAB 3. METODE PELAKSANAAN

3.1 Waktu dan Tempat
Praktikum Kultur Jaringan dengan Judul “Aklimatisasi” di lakukan pada Minggu 29 Mei 2016 pukul 07.30 WIB sampai selesai bertempat di Laboratorium Kultur Jaringan, Jurusan Agronomi, Fakultas Pertanian Universitas Jember.

3.2 Alat dan Bahan
3.2.1 Alat
1. Gelas plastik
2. Pinset
3. Baskom
4. Petridish
3.2.2 Bahan
1. Media tanam (pasir dan akar pakis)
2. Air                
3. Planlet (kentang dan anggrek)
4. Fungisida

3.3 Prosedur Kerja
1. Mencuci bersih sisa media agar di planlet.
2. Mencuci planlet di air mengalir kemudian ditiriskan.
3. Menyiapkan media aklimatisasi yang berupa gelas plastik.
4. Merendam planlet di larutan fungisida ± 1 menit.
5. Membilas planlet dengan air mengalir dan dikering anginkan.
6. Menanam planlet pada media tanam dengan hati-hati supaya akar tidak putus.
7. Menyungkup planlet dengan gelas plastik supaya tidak terjadi penguapan berlebihan (khusus pada planlet kentang sedangkan anggrek tidak diberi sungkup).
8. Mengamati pertumbuhan planlet.

3.4 Parameter Pengamatan
Mengamati planlet yang hidup segar, layu dan kering (mati), jumlah daun, dan panjang tunas. Mencatat kondisi tanaman setiap pengamatan.




























BAB 4. HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil Pengamatan
Media
Kentang
Anggrek
Hari ke-4
Hari ke-5
Hari ke-4
Hari ke-5
∑ daun
Р tunas
Kondisi tanaman
∑ daun
Р tunas
Kondisi tanaman
∑ daun
Р tunas
Kondisi tanaman
∑ daun
Р tunas
Kondisi tanaman
A1
5
5
Layu
0
5,2
Layu
2
2
Layu
2
2
Kering, mati
A2
4
5
Segar
4
5,2
Segar
2
0,4
Segar
2
0,4
Sedikit layu
B1
7
4,5
Layu
0
4,7
Layu
3
1,8
Segar
3
1,8
Layu
B2
4
5,2
Segar
4
5,3
Segar
6
2,5
Segar
8
2,6
Segar
C1
12
6,6
Layu
0
6,6
Segar
5
3,5
Segar
5
3,7
Segar
C2
6
7,5
Segar
6
6
Layu
9
2,8
Segar
8
2,8
Segar

Keterangan:
∑ = jumlah
P = panjang

4.2 Pembahasan
            Pada hasil pengamatan, diketahui bahwa baik pertumbuhan tanaman kentang maupun tembakau yang di aklimatisasi mengalami penurunan pertumbuhan terutama dari segi jumlah daun dari pengamatan hari ke-4 ke pengamatan hari ke-5. Kondisi tanaman juga mengalami penurunan yang ditandai dengan kelayuan tanaman baik tanaman kentang maupun tembakau. Menurut Basri (2004) dalam Basri dkk (2013), aklimatisasi merupakan proses pengadaptasian hasil kultur jaringan terhadap lingkungan luar yang lebih ekstrim. Perbedaan faktor-faktor lingkungan yang utama dari kondisi kultur jaringan dan greenhouse antara lain cahaya, suhu, kelembaban relatif, di samping hara dan media tanam. Komponen cahaya dan suhu dapat disesuaikan dengan pemberian naungan. Menurut Slamet (2011) dalam Basri dkk (2013), bahwa keberhasilan aklimatisasi tanaman hasil kultur in vitro dipengaruhi oleh ukuran bibit, perakaran, media, kelembapan udara, dan serangan hama penyakit. Dari hasil pengamatan juga diketahui bahwa tanaman kentang yang di aklimatisasi lebih rentan layu meskipun diberikan sungkup, sedangkan tanaman anggrek lebih tahan dan lebih kuat terhadap kelayuan. Perawatan terhadap tanaman yang baru di aklimatisasi juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan aklimatisasi terutama dalam menjaga kelembapan media.
Tanaman yang di aklimatisasi berada dalam masa kritis, karena merupakan pengkondisian awal dari kondisi in vitro ke kondisi in vivo atau penyesuaian diri dari kondisi heterotrof ke kondisi autotrof. Menurut Pardal et al. (2005) dalam Slamet (2011). klimatisasi merupakan tahapan paling kritis dan sulit pada proses regenerasi tanaman secara in vitro. Kegagalan aklimatisasi tanaman merupakan kendala yang banyak dijumpai di Indonesia. Oleh karena itu, tahapan ini memerlukan pengalaman dan penanganan yang sarat kehati-hatian karena 50 aklimatisasi adalah mengadaptasikan planlet dari media kultur in vitro ke media tanah pada ruangan terbuka Penyesuaian bibit kultur terhadap lingkungan luar merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui dalam kegiatan yang melibatkan kultur in vitro. Menurut Ziv (1986) dalam Pierik 1987) dalam Slamet (2011), aklimatisasi adalah masa adaptasi planlet dari kultur heterotrofik menjadi autotrofik, yang merupakan tahap akhir dari kegiatan kultur in vitro. Aklimatisasi merupakan adaptasi planlet dari lingkungan yang terkendali (in vitro) ke lingkungan in vivo sebelum ditanam di lapangan (Husni et al. 2004a) dalam Slamet (2011).
Pada praktikum aklimatisasi yang telah dilakukan, pertama menyiapkan media tanam untuk kentang dan anggrek. Menurut Iswanto, (2002) dalam Andalasari (2014) media tanam yang baik harus memenuhi kreteria antara lain; tidak mudah lapuk, tidak mudah menjadi sumber penyakit, aerasi baik, mampu mengikat air dan unsur hara dengan baik, mudah didapat dan harga relative murah. Media tumbuh yang baik bagi anggrek (famili Orchidaceae) harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain tidak lekas melapuk dan terdekomposisi, tidak menjadi sumber penyakit, mempunyai aerasi dan draenase yang baik, mampu mengikat air dan zat-zat hara secara optimal, dapat mempertahankan kelembaban di sekitar akar, dibutuhkan ph media 5-6, ramah lingkungan serta mudah didapat dan relatif murah harganya. Media tumbuh tanaman anggrek yang umum digunakan adalah arang, pakis, moss, potongan kayu, potongan bata atau genting, serutan kayu, kulit pinus dan serabut kelapa. Pada praktikum, media tanam kentang adalah pasir steril dan media tanam anggrek adalah akar pakis. Keunggulan media pakis dibandingkan dengan media tanam yang lain diduga media pakis memiliki kreteria yang baik bagi pertumbuhan tanaman anggrek diantaranya pakis mampu mengikat dan menyimpan air dengan baik, memiliki aerasi dan draenasi baik, melapuk secara perlahan dan mengandung unsur hara yang diperlukan bagi tanaman anggrek (Widiastoety, 2004) dalam Andalasari dkk (2014). Kemampuan pakis dalam mengikat dan menyerap air mengakibatkan pakis mudah menyerap cairan pupuk yang disemprotkan dan dapat menambah kandungan unsur hara yang ada pada media dan dapat membantu mempercepat pertumbuhan anggrek. Selain itu menurut Don, Emir, dan Hadibroto (2001) dalam Andalasari dkk (2014)., pakis memiliki kandungan gula, asam amino, asam alifatik dan konsituen ester yang dibutuhkan anggrek. Media tanam pakis juga memiliki kelebihan yaitu tidak mudah lapuk sehingga tanaman dapat menyerap unsure hara yang dikandungnya dalam kurun waktu yang lama.
Setelah pembuatan media selesai, langkah selanjutnya yaitu menanam eksplan pada media. Setiap botol diisi dengan 1 tanaman. Untuk tanaman anggrek tidak perlu di sungkup, sedangkan tanaman kentang di sungkup. Penyungkupan bertujuan untuk menghindari penguapan yang berlebihan. Selanjutnya tanaman diletakkan di tempat yang sudah disesuaikan keadaan lingkungannya untuk pertumbuhan tanaman aklimatisasi.
Tahapan dari aklimatisasi ini harus lah benar baik dalam hal teknik aseptik dan tentunya kondisi lingkungan supaya tanaman berhasil hidup dalam kondisi yang terbaik. Terdapat beberapa faktor yang mendukung supaya tanaman tetap hidup hingga nantinya dapat di tanam di lingkungan luar. Faktor-faktornya diantaranya yaitu kelembaban, cahaya, temperature, teknik aseptik , dan teknik penyungkupan.
            Pertama adalah kelembaban dimana planlet sudah di pindahkan tersebut dari awal pemindahan sudah di kondisikan agar tanaman berada dalam kelembaban yang relatif tinggi untuk beberapa hari awal. Penambahan kelembaban dan pengurangan intensitas cahaya haruslah secara bertahap atau perlahan agar tanaman dapat hidup dengan baik dan tanaman tidak mengalami stress. Teknik yang di gunakan untuk dapat mempertahankan kelembaban tanaman adalah dengan menyelungkupi tanaman menggunakan gelas plastik.
            Kemudian faktor selanjutnya yang mempengaruhi tahapan aklimatisasi agar berhasil adalah intensitas cahaya. Dimana pada saat tanaman di tanam dalam kondisi in vitro, tanaman haruslah di sinari dengan intensitas cahaya yang rendah. Dikarenakan jika tanaman yang di tanam dalam kondisi in vitro ini di taman dengan paparan intensitas cahaya yang langsung tinggi akan mengakibatkan tanaman menjadi dehidrasi akibat terlalu banyak mengeluarkan air (transpirasi) dan lama kelamaan akan menjadi kering dan mati. Maka dari itulah dalam tahapan aklimatisasi ini tanaman harus di naungi terlebih dahulu agar tidak terpapar matahri secara langsung, setelah beberapa lama mulai di pindahkan ke tempat dimana mendapatkan matahari secara langsung.
            Faktor selanjutnya yang mempengaruhi tahapan aklimatisasi adalah temperatur dimana lokasi yang di gunakan sebagai lokasi awal di tanamkan tanaman haruslah memiliki suhu sekitar 25oC-30oC. Cara mengatur suhu di dalam lokasi tersebut adalah dengan pengaturan fentilasi dan juga mungkin dengan pemberian Air Condition yang bisa di atur suhunya.
            Lalu faktor selanjutnya yang mempengaruhi tahapan aklimatisasi adalah teknik penyungkupan dimana teknik penyungkupan ini bertujuan untuk melindungi kontaminasi mikroorganisme yang ada di udara, kemudian juga untuk mempertahankan kelembaban yang tinggi di dalam tanaman tersebut, menjaga kestabilan suhu serta meningkatkan daya tahan terhadap cahaya matahari. Jika penyungkupan di lakukan dengan benar maka kemungkinan tanaman tersebut dapat hidup adalah besar, jika tidak benar maka tanaman akan terkontaminasi dengan mikroorganisme yang ada di udara dan lama-lama akan mati. Teknik penyungkupan yang benar adalah tidak ada ruang untuk di masukin oleh mikroorganisme sehingga ruangan di dalam selungkup benar-benar lembab dan steril.
            Kemudian selanjutnya adalah teknik aseptik dimana dalam hal ini teknik aseptik sangatlah penting agar tidak terjadi kontaminasi dalam planlet yang mengakibatkan planlet tidak dapat berkembang biak atau tumbuh. Sehingga pasir yang mengandung banyak sekali mikroorganisme pathogen di dalamnya harus lah di sterilisasi terlebih dahulu dengan cara di autoclaf untuk mengurangi kontaminasi yang berlebihan pada tanaman ketika baru di pindahkan serta supaya tidak terjadi pembusukan pada akar yang di akibatkan oleh bakteri atau jamur.
Hal tersebut sesuai dengan teori menurut Hendaryono (1994) terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan aklimatisasi, yaitu kelembaban, intensitas cahaya dan temperature. Yang pertama adalah kelembaban. Mempertahankan  kelembaban  relatif  yang  tinggi  untuk beberapa  hari  pertama setelah aklimatisasi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan daya hidup planlet. Penurunan  kelembaban  dan  penurunan  intensitas  cahaya  harus  selambat  mungkin dilakukan  untuk  membentuk  tanaman  yang  makin  kuat  sehingga  tanaman  tidak  stres. Beberapa  teknik  mendapatkan  kelembaban  yang  sesuai  adalah  dengan  menggunakan sistem penutupan dengan kantong plastik bening (sungkup), sistem ini terbukti lebih baik dan relatif murah dan mudah dalam pengerjaannya.
Kemudian yang kedua intensitas cahaya. Dimana pada  kondisi  in  vitro,  tanaman  disinari  pada  tingkat  cahaya  yang  rendah. Bila tanaman  langsung  dipindahkan  pada  kondisi  dengan  tingkat  cahaya  yang  tinggi  maka daun akan menjadi kering seperti terbakar. Untuk itu pada saat tanaman diaklimatisasi perlu  diberikan  naungan.   Naungan  akan  mengurangi  transpirasi  dan  kelebihan  cahaya yang dapat merusak molekul klorofil. Setelah beberapa waktu dibawah naungan, tanaman secara perlahan-lahan dipindahkan ke kondisi pencahayaan sebenarnya dimana tanaman akan ditanam.
Kemudian temperature, dimana kondisi  di  ruang  aklimatisasi  (rumah  kaca)  diusahakan  mempunyai  suhu  berkisar antara 25oC– 30oC. Pengaturan suhu dapat juga dilakukan dengan melakukan penyiraman, fentilasi terkontrol dan sistem pengkabutan.
Perlu ditekankan baha pada saat aklimatisasi, segala hal harus dilakukan sesuai dengan prosedur untuk mendapatkan hasil aklimatisasi yang bagus. Umumnya biakan hasil kultur jaringan yang akan di aklimatisasi harus berupa planlet artinya biakan harus mempunyai perakaran dan pertunasan yang proporsional. Aklimatisasi pada tanaman vitro adalah fase terakhir dari budidaya dan sangat penting untuk kelangsungan hidup dan keberhasilan pembentukan plantlet. Dengan kata lain, persentase hidup ditentukan oleh pengerasan planlet. Yang dianggap lima faktor yang sangat penting dan mereka harus disediakan dan dikontrol di aklimatisasi selain kelembaban ini adalah substrat, suhu, cahaya dan sirkulasi udara. Hal yang paling penting untuk menjaga kondisi permanen yaitu, untuk menghindari stres (Lesar, dkk, 2012).
Hal yang serupa kami lakukan pada praktikum terakhir ini yakni aklimatisasi. Menjaga medium dan lingkungan sangat penting bagi keberhasilan aklimatisasi. Planlet masih sangat rentan dengan kondisi luar. Untuk mendapatkan hasil tanaman kultur jaringan yang bagus, maka pada harus diperhatikan faktor-faktor yang dapat merusak planlet. Kelembapan harus dijaga, jangan terlalu banyak menyiramkan air pada medium karena dapat merusak dan membusukkan akar planlet yang masih rentan. Jangan sampai tidak menyiramkan air sama sekali pada medium karena planlet akan kehilangan nutrisi mineral hingga planlet akan  mengalami kekeringan, menguning, layu kemudian mati. Selain itu suhu juga diatur sedemikian rupa, tidak terlalu panas, dan cukup sejuk. Setelah itu yang harus diperhatikan yakni pencahayaan dan sirkulasi udara.
Pada praktikum aklimatisasi ini digunakan dua perlakuan dalam penggunaan media, yaitu media pasir untuk planlet kentang, dan media akar pakis untuk planlet anggrek. Pasir yang digunakan untuk planlet kentang ini merupakan pasir yang telah disterilisasi terlebih dahulu. Untuk akar pakis, sebelum digunakan maka haris dihaluskan terlebih dahulu, misal dengan dipukul-pukul. Hal ini sangat sesuai dengan pernyataan (Ahmed, dkk, 2012) yang menyatakan bahwa sebelum dilakukannya pemindahan tanaman ke pot dengan media tanam yang berbeda-beda misalkan tanah atau gambut, maka media tersebut harus disterilisasi terlebih dahulu. Perlakuan ini sangat membantu tanaman dalam pertumbuhan dan perkembangan pada kondisi yang minim. Sedangkan akar pakis merupakan media yang sangat cocok untuk pertumbuhan anggrek.
Selain media yang berbeda, dalam aklimatisasi ini juga diterapkan adanya perlakuan penyungkupan tanaman. Dari ketiga gelas, terdapat satu botol dengan perlakuan penyungkupan yakni botol dan tanaman ditutup dengan potongan botol gelas mineral. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi adanya penguapan yang berlebih pada tanaman. Planlet yang sebelumnya dikondisikan dengan baik pada kondisi in vivo, lalu kemudian dipindahkan ke kondisi in vitro, maka terdapat hal-hal yang membuat planlet cukup besar dalam melakukan adaptasi. Salah satunya adalah mengenai suhu. Pabila suhu terlalu tinggi, maka cenderung terjadi penguapan yang tinggi pula. Penguapan yang tinggi mengakibatkan planlet sulit untuk melakukan pertumbuhan dan cenderung kehilangan mineral di dalam sel-selnya. Maka dari itu, dilakukan penyungkupan untuk mengurangi adanya penguapan yang berlebih.













BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan
1. Pertumbuhan tanaman kentang maupun tembakau yang di aklimatisasi mengalami penurunan pertumbuhan terutama dari segi jumlah daun dari pengamatan hari ke-4 ke pengamatan hari ke-5. Kondisi tanaman juga mengalami penurunan yang ditandai dengan kelayuan tanaman baik tanaman kentang maupun tembakau.
2. Tanaman yang di aklimatisasi berada dalam masa kritis, karena merupakan pengkondisian awal dari kondisi in vitro ke kondisi in vivo atau penyesuaian diri dari kondisi heterotrof ke kondisi autotrof.
3. Faktor-faktornya diantaranya yaitu kelembaban, cahaya, temperature, teknik aseptik , dan teknik penyungkupan.
4. Beberapa hal yang harus dihindari ketika melakukan aklimatisasi, yaitu  Kelembapan harus dijaga, jangan terlalu banyak menyiramkan air pada medium karena dapat merusak dan membusukkan akar planlet yang masih rentan. Jangan sampai tidak menyiramkan air sama sekali pada medium karena planlet akan kehilangan nutrisi mineral hingga planlet akan  mengalami kekeringan, menguning, layu kemudian mati. Selain itu suhu juga diatur sedemikian rupa, tidak terlalu panas, dan cukup sejuk serta pencahayaan dan sirkulasi udara.
5. media yang digunakan tidaklah sama, sebab tergantung tanamannya dapat eksis pada media apa dan perbedaan media ini supaya mengetahui media yang baik dan sesuai dengan tanaman tersebut. Ada juga suatu perlakuan yang dilakukan yaitu penyungkupan, botol dan tanaman ditutup dengan potongan botol gelas mineral. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi adanya penguapan yang berlebih pada tanaman.

5.2 Saran
Diharapkan informasi dari setiap asisten sama sehingga tidak terjadi miskomunikasi dalam menjalankan teknis prosedur dalam pengamatan, laporan, dan lain-lain.




























DAFTAR PUSTAKA

Ahmed, A. Bakrudeen Ali, dkk. 2012. In Vitro regeneration, Acclimatization and Antimicrobial Studies of Selected Ornamental Plants. Intech Journal.

Andalasari dkk. 2014. Respon Pertumbuhan Anggrek Dendrobium Terhadap Jenis Media Tanam dan Pupuk Daun. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan  80 Volume 14, Nomor 1.

Ardisela, D. 2010. Pengaruh Dosis Rootone Terhadap Pertumbuhan Crown Tanaman Nenas (Ananas comosus). Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. 1(2):48-62.
Basri, Hasan, Zainuddin Basri dan Abd. Syakur. 2013. Aklimatisasi Bibit   Tanaman Buah Naga (Hylocereus undatus) Pada Tingkat Naungan           Berbeda. e-J. Agrotekbis 1 (4) : 339-345. ISSN: 2338-3011.
Djajadi, Heliyanto B, Hidayah N,. 2010. Pengaruh Media Tanam dan Frekuensi Pemberian AirTerhadap Sifat Fisik, Kimia dan Biologi Tanah Serta Pertumbuhan Jarak Pagar. JurnalLittri.  2 (16): 64-69
Dwiyanti, Rindang. 2012. Respon Pertumbuhan Bibit Anggrek Dendrobium sp.    pada Saat Aklimatisasi terhadap Beragam FrekuensiPemberian Pupuk             Daun. Agrotrop, 2(2): 171- 175. ISSN: 2088-155X.

Lesar, Helena, dkk. 2012. Acclimatization of Terrestial Orchid Blettilla striata Rchb.f. (Orchidaceae) Propagated Under In Vitro Condition. Acta Agriculture Slovenica Journal, Code 1.01.

Mbosowo, E. 2015. Growth And Development Response Of Callus Segments Of Irvingia GabonensisS Aubrey-Lecomte, Ex O’ Rorke Using Tissue Culture Technique. Asian Journal of Science and Technology Vol.06, Issue, 10,  pp. 1860-1864, ISSN: 0976-3376.

Ogero, K.O. 2012. In vitro Micropropagation of Cassava Through Low Cost Tissue           Culture. Asian Journal of Agricultural Sciences 4(3): 205-209, ISSN: 2041-        3890.

Purnami N.L.,  Yuswanti H. dan Astiningsih. 2014. Pengaruh Jenis dan Frekuensi Penyemprotan Leri Terhadap Pertumbuhan Bibit Anggrek Phalaeonopsis sp. Pasca Aklimatisasi. Agroekoteknologi Tropika ISSN: 2301-6515 Vol. 3, No. 1, Januari 2014.

Slamet. 2011. Perkembangan Teknik Aklimatisasi Tanaman Kedelai Hasil Regenerasi Kultur In Vitro. Jurnal Litbang Pertanian, 30(2).

Sukmadjaja, Deden dan Ade Mulyana. 2011. Regenerasi dan Pertumbuhan            Beberapa Varietas Tebu(Saccharum officinarum L.) secara In Vitro. Jurnal        AgroBiogen 7(2):106-118.

Syahid, Sitti Fatimah dan Natalini Nova Kristina. 2008. Multiplikasi Tunas,           Aklimatisasi dan Analisis Mutu Simplisia Daun Encok (Plumbago zeylanica  L.) Asal Kultur In Vitro Periode Panjang. Bul. Littro. vol. XIX no. 2: 117 – 128.

Wahyudi, T. 2006. Panduan Lengkap KAKAO Manajemen Agribisnis dari Hulu    hingga Hilir. Depok : Penebar Swadaya.

Werner, E.T. 2016. Leaf Anatomy of Crambe Abyssinica Hochst. During In Vitro Shoot Induction. African Journal of Biotechnology. Vol. 15(18), pp. 722- 730, ISSN 1684-5315.

Wijayani, Ari., Hendaryono, Sriyanti. 1994. Teknik Kultur Jaringan.  Yogyakarta:             Kanisius.
















LAMPIRAN

Description: http://www.kanisiusmedia.com/uploads/cover/2/027360-2.jpg









































                 


                                            








                                             



                                                    







                                      


                                                      





                                                      







                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates