Kamis, 23 Juni 2016

# fisiologi hewan

Rangkuman Jurnal Internasional Fisiologi Hewan Penelitian sel endokrin di usus tengah (Midgut) pada Agrotis segetum

NAMA           : Rose Lolita
NIM                : 130210103027
Penelitian sel endokrin di usus tengah (Midgut) pada Agrotis segetum
Pendahuluan
            Ada tiga tipe sel yang terdapat pada epitelium usus tengah dari serangga yaitu sel epitel columnar, sel goblet dan sel endokrin. Sel-sel ini merupakan sel yang bersifat meristematik atau meregenerasi, dan tersusun dari sel batang dan sel-sel yang belum melakukan differensasi sel. Usus tengah sel endokrin dapat dibedakan berdasarkan sel batang dan lokasinya di antara sel sel kolumnar. Beberapa tahun terakhir, di ketahui bahwa deskripsi dari sel endokrin telah di jelaskan melalui sistem difusi neuroendokrin  (DNES)  pada vertebrata. Terdapat pancreatic, polypeptide (pp), somatostatin dan glucan yaitu bahan dari immunoreactive yang dapat di temukan pada usus tengah sel endokrin di serangga. Sel endokrin di usus tengah pada seekor serangga dapat di lihat dengan menggunakan mikroskop elektron.
            Contoh dari spesies serangganya adalah Ephestia kuhniella, Agrotis ipsilon, Japyx sp., Lepidocampa weberi, Apis melifera dan Gryllus bimaculatus. Beberapa peneliti menguji sel endokrin pada usus tengah P. Americana. Mereka mengabarkan struktur umum dari sel endokrin pada serangga dan di temukan berbeda sel endokrin pada satu serangga dengan serangga lainnya. Definisi dari sel ini dapat di ketahui menggunakan metode immunohistichemical dari P. Americana dan Blaberus craniifer. Pada jurnal ini akan di jelaskan mengenai sel endokrin pada larva Agrotis segetum yang di lihat dengan menggunakan mikroskop elektron untuk mendekripsikan struktur umum dari sel endokrin dan hubungannya dengan aktivitas endokrin.

Metode dan bahan
            Bahan yang di gunakan adalah larva dari Agrotis segetum, larva ini nantinya akan di pelihara di tumbuhan memanjat dan di lakukan di bawah cahaya selama 4 jam dengan temperature 1 dan dengan kelembaban relatif 60-65%. Pada penelitian ini, yang di gunakan adalah larva instar 5 dari Agrotis segetum. Kemudian larva di biarkan tidak makan selama beberapa hari, setelah itu di bedah bagian usus tengahnya. Lalu di amati dengan menggunakan mikroskop elektron, membelah usus tengah di 2,5 % glutaraldehyde dengan sodium phosphate di bawah Ph 7,2 selama 2 jam dengan suhu kurang lebih 4, lalu di cuci beberapa kali menggunakan fostfat natrium selama 2 jam, lalu masukkan di OsO4 1% selama 2 jamdengan suhu kurang lebih 4, kemudian memasukkan ke tahap berikutnya yaitu tahap dehidrasi dengan ethanol bertingkat dan menempelkan pada aradite. Potongan yang tipis di beri uranyl acetate dan lead citrat sebelum di lihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Lalu melihat dengan menggunakan mikroskop elektron.
Hasil
            Hasil dari pemotongan jaringan yang di lakukan di usus tengah merupakan bagian paling besar pada saluran pencernaan pada larva Lepidoptera. Usus tengah di lapisi oleh sel-sel kolumnar. Sel-sel endokrin dari  Agrotis segetum jarang sekali di temukan di antara sel epitel kolumnar dan lamina basal. Kami mengamati sel yang tidak menempel atau tidak berhubungan langsung dengan permukaan lamina.
            Sel endokrin di usus tengah berbentuk kolumnar atau kerucut, kemudian jarak antara sel epitel kolumnar sejajar atau lurus. Inti sel dari sel kerucut cocok untuk tipe sel tersebut dan mereka mengisi dengan sempurna sel tersebut dengan eukromatin yang padat. Nukleolus yang terlihat cukup jelas di dalam inti. Sitoplasma dari sel ini jarang sekali memiliki organel, kebanyakan yang di temukan adalah retikulum endoplasma yang kasar, sehingga kopmpleks golgi pun banyak tumbuh di sel tersebut. Kemudian banyak sekali butiran dari sekretori yang terletak di basal sel endokrin, nantinya butiran ini akan di lepaskan ke ruang intersellular. Beberapa sel endokrin mengandung sejumlah vesikel dan mitokondria.

Kesimpulan
            Pada serangga, sel endokrin di usus tengah memiliki kesamaan eksistensi pada setiap individu yaitu pada daerah basal dari epitel. Kemudian jika di lakukan penelitian mengenai butir sekresi ini maka para peneliti menyimpulkan sepasang dari sel ini dapat di temukan pada berbagai macam tipe. Terdapat 4 tipe dari butir sekresi pada sel endokrin yang terdapat di usus tengah Gryllus bimaculatus yang telah di indentifikasi yaitu: tebal, heterogen, berbentuk seperti bola dan bulat telur. Tiga tipe di temukan pada Locusta migratoria, dua tipe di temukan pada Petrobius maritumus, dan hanya satu tipe yang dimiliki oleh Folsomia candida. Banyak variasi tipe butiran yang di temukan pada sel endokrin di usus tengah dari A. segetum. Struktur morfologi butiran yang di temukan pada spesies A. segetum sangat bervariasi dari bundar sampai tebal. Butiran sekretori pada A. segetum di lepaskan dari lamina basal dan ruang intersellular.
            Sel endokrin yang di amati pada spesies A. segetum menunjukan kesamaan dengan sel endokrin serangga yang sudah di amati sebelumnya. Pada penelitina sel endokrin dari A. segetum adalah kolumnar, berbentuk kerucut dan terletak di di lamina basal. Seperti yang terlihat pada banyak sel di dalamnya terdapat vesikel dan mitokondria yang sama dengan yang di amati pada A. segetum. Kesamaan ini terlihat dikarenakan diferensiasi sel bersama dengan aktivitas fisiologi dari sel tersebut.











PETA KONSEP SISTEM ENDOKRIN





PETA KONSEP HORMON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates