Selasa, 21 Juni 2016

# Inovasi Pembelajaran Bidang Studi

Makalah Inovasi Pembelajaran “Observasi Sekolah di SMPIT Al-Ghozali Jember”






Makalah Inovasi Pembelajaran
Observasi  Sekolah di SMPIT Al-Ghozali Jember


Disusun oleh:
Rose Lolita                 (130210103027)
Ida Rusminingsih      (130210103041)
Anisa Maharani        (130210103065)
Addieni Zulfa K.       (130210103097)



Program Studi Pendidikan Biologi
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember
2016

 

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas karunia yang telah memberikan kesempatan menyelesaikan makalah ini dengan penuh   kemudahan. Tanpa kehendak-NYA mungkin tidak dapat menyelesaikan dengan baik. Makalah ini disusun agar kita semua dapat memahami inovasi yang terdapat di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu dengan lebih jelas.
                 Makalah ini memuat tentang Inovasi Pembelajaran di SMPIT Al-Ghozali Jemberyang bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui inovasi pembelajaran yang di terapkan di sekolah tersebut dengan baik dan lebih mudah.
Penulis menyadari bahwa dalam menyajikan laporan ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini sangat diharapkan untuk perbaikan mendatang.
Semoga makalah ini dapat berguna bagi pembaca.




Jember, 31 Mei 2016

Penyusun




BAB 1. PENDAHULUAN


            Pada matakuliah inovasi pembelajaran telah di ketahui bahwa dalam suatu sekolah memiliki keunikan atau inovasi yang khas dari suatu sekolah. Keunikan tersebut bisa berupa kurikulum yang di jalankan ataupun metode pembelajaran yang di gunakan berbeda dengan sekolah lainnya. Penelitian yang di tugaskan dan di lakukan haruslah pada sekolah yang memiliki inovasi pada kurikulum, pembelajaran di kelas atau pun terdapat suatu program yang berbeda dan hanya dimiliki oleh sekolah tersebut tanpa di miliki oleh sekolah lainnya.
            Dalam menyelesaikan tugas inovasi pembelajaran telah di pilih sekolah yang merupakan sekolah islam yang menerapkan inovasi pembelajaran yang berbeda dari sekolah lainnya maka dilakukan penelitian pada “Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali”. Alasannya adalah “Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali” memiliki perbedaan dengan sekolah islam kebanyakan, karena pada sekolah SMPIT Al-Ghozali ini merupakan sekolah biasa akan tetapi dalam pembelajarannya itu di kaitkan dengan ayat yang ada di dalam Al Qur’an karena nama SMP nya merupakan SMP islam terpadu. Kemudian alasan selanjutnya inovasi pembelajaran yang berbeda dengan sekolah lainnya. Terdapat program Tahfidz Al Qur’an, dimana program ini menjadi ciri khas dari SMPIT Al Ghozali Jember. Alasan Tahfidz Al Qur’an menjadi program unggulan karena siswa dituntun untuk menjadi insan yang bisa dan nantinya cakap dalam membaca dan menghafal serta mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari sehingga nantinya di harapkan siswa dapat menjadi orang yang baik tidak hanya dalam hal akademik namun juga non akademik. Kemudian alasan selanjutnya selain kedua hal yang telah di sampaikan tersebut Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali pernah mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggaraan Ujian Nasional terbaik se Kabupaten Jember karena dalam pelaksanaan Ujian Nasional tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh siswa SMPIT tersebut.
            Tujuan dilakukannya penelitian pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali adalah untuk mengetahui inovasi pembelajaran berupa kekhususan pembelajaran yang terdapat di sekolah tersebut. Kemudian untuk mengetahui program yang di lakukan di SMPIT tersebut serta penyelenggaraannya di dalam kelas.
































 


BAB 2. PEMBAHASAN


2.1 Deskripsi Umum SMPIT Al-Ghozali Jember

Observasi yang dilakukan oleh kelompok kami yaitu di SMPIT Al Ghozali Jember. SMPIT Al Ghozali terletak di jalan Kaliurang no.175 Sumbersari, Jember. Menurut sejarahnya, SMPIT Al Ghozali Jember berdiri sejak tahun 2007 dibawah naungan Yayasan. SMPIT Al Ghozali Jember merupakan sekolah Islam Terpadu Swasta dibawah naungan Yayasan Al Ghozali Jember dan merupakan anggota dari JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Indonesia. SMPIT Al Ghozali Jember ini didirikan memiliki pandangan bahwa akan ada intergrasi  nilai nilai Islam dalam sekolah. Agama menjadi ruh dan potensi yang nantinya dapat dimiliki oleh siswa SMPIT Al Ghozali Jember.
Fasilitas yang dimiliki oleh SMPIT Al Ghozali Jember ini masih dibilang sederhana. Keadaan sekolah masih terbilang tidak begitu luas. Ruang kelas yang dimiliki kurang lebih 9 kelas. Satu kelas berisi maksimal 17 siswa. SMPIT Al Ghozali Jember ini menerapkan sistem kelas terpisah antara siswa putra dan siswi putri. Jumlah siswa dalam satu kelas bertambah seiring bertambahnya tahun. Saat ini sudah ada 2 kelas putra dan 2 kelas putri untuk kelas VII, 2 kelas putra dan 1 kelas putri untuk kelas VIII, dan 1 kelas putra dan 1 kelas putri untuk kelas IX. Total siswa dalam satu angkatan tahun 2016 ini sekitar 197 siswa.
SMPIT Al Ghozali Jember untuk saat ini menerapkan kurikulum KTSP. Tahun lalu selama 1 semester pernah menggunakan Kurikulum 2013 namun karena ada pergantian Menteri sehingga kembali ke KTSP. Penerapan Kurikulum 2013 di SMPIT Al Ghozali Jember berlangsung selama tahun ajaran 2014/2015. Menurut Kepala SMPIT Al Ghozali Jember, sebenarnya penerapan Kurikulum 2013 sangat cocok dengan pembelajaran di SMPIT Al Ghozali Jember karena kurikulum ini sangat mendukung visi dari sekolah.
Sistem kelas secara umum di SMPIT Al Ghozali Jember ini ada 2 yaitu kelas Pembelajaran dan kelas Al Qur’an. Kelas pembelajaran yaitu kelas dimana siswa wajib mengikuti kegiatan belajar mengajar secara umum atau materi sesuai silabus dan kurikulum dari pemerintah serta tambahan materi keagamaan. Kelas Al Qur’an yaitu kelas yang dilakukan setelah kelas pembelajaran selesai dimana yang dimaksud adalah kelas Tahfidz tadi. Kelas pembelajaran dilakukan pada hari efektif yaitu hari Senin sampai Jumat. Kelas Al Qur’an dilaksanakan 5 kali dalam seminggu yaitu hari Senin sampai Jumat. Kegiatan hari sabtu biasanya diisi dengan ekstrakurikuler, pembinaan dan pengajian. Ekskul yang diikuti siswa meliputi ekskul umum dan ekskul wajib. Ekskul umum meliputi bidang akademik seperti olimpiade, bidang olahraga seperti basket dan futsal, bidang kesenian seperti Nasid dan kaligrafi. Ekskul wajib siswa meliputi pramuka, muhadoroh (pidato) dan halaqoh atau mentoring.
SMPIT Al Ghozali Jember menampung semua calon siswa baru jika kuota masih memenuhi. SMPIT Al Ghozali Jember beranggapan bahwa untuk penerimaan peserta didik baru tidak ada diskriminasi antara siswa yang pintar dengan yang kurang pintar, karena sekolah ini menyadari bahwa pendidikan artinya perubahan dari tidak tahu menjadi tahu atau dari tidak bisa menjadi bisa. calon siswa baru akan menjalani 3 macam tes yaitu tes tingkat pengetahuan dasar, tes keterampilan (tilawah Qur’an) dan tes sikap. Tes tersebut untuk mengetahui beberapa hal yang tercermin dalam diri siswa dan pihak sekolah wajib mengetahui sebagai tanggungjawab dan kontrol terhadap siswa. Selain itu, hasil dari tes ini akan menjadi dasar bagi pengelompokan siswa di kelas Tahfidz. Tes pertama untuk mengetahui tingkat kognisi siswa sejauh mana pemahamannya dalam hal pelajaran dasar seperti matematika, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tes ini sangat penting agar guru mengetahui dari mana mereka harus mengajarkan pelajaran kepada siswa. Tes kedua untuk mengetahui tingkat keterampilan siswa seperti Tilawah Al Qur’an. Hasil tes kedua ini dijadikan dasar untuk pengelompokan dalam kelas Tahfidz. Tes ketiga untuk mengetahui sikap atau untuk menentukan pola belajar siswa. Tes ketiga bertujuan untuk mengelompokkan siswa dengan tipe belajar yang berbeda seperti siswa dengan tipe belajar auditori, tipe visual dan kinestetik. Tes yang dilakukan secara keseluruhan merupakan bentuk dari tes berupa quiz atau psikotes ranah belajar siswa.
Calon guru atau tenaga pendidik yang mendaftar di SMPIT Al Ghozali Jember juga tidak mendapat deskriminasi seperti halnya harus dari Universitas ternama atau yang lainnya, namun tetap diadakan tes oleh Kepala Sekolah. Kriteria yang diambil meliputi 3 ketentuan umum yang harus dimiliki. Pertama yaitu kompetensi, dalam hal ini dilihat asal atau latar belakang pendidikannya seperti halnya guru SMP minimal S1 atau D4. Kedua yaitu penguasaan pedagogik, dalam hal ini dilihat latar belakang institusi lembaga seperti halnya calon guru baiknya lulusan dari fakultas yang mumpuni seperti fakultas keguruan dan kependidikan. Hal ini beralasan karena guru merupakan transfer knowledge dimana berkaitan dengan hal tersebut guru juga harus memiliki bekal ilmu da mampu untuk mentransfer ilmu tersebut dengan baik. Ketiga yaitu tes sikap, dimana calon guru tidak boleh merokok, berjiwa pendidik, tidak boleh bullying baik kepada murid atau sesama tenaga pendidik. Guru tersebut menerapkan pembelajaran dengan dasar kasih sayang, artinya hukuman yang diberikan kepada murid berdasarkan catatan dan nasehat. Apabila murid sudah melewati batas, guru dilarang untuk memukul atau mencubit bahkan membentak siswa. Secara otomatis siswa akan tercatat sebagai siswa yang bermasalah dan langsung masuk ke catatan dan ditangani oleh guru BK. Tes sikap yang diberikan oleh Kepala Sekolah biasanya dalam bentuk studi kasus, dari sini akan diketahui bagaimana calon guru tersebut mengambil keputusan sesuai kondisi yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
Prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh SMPIT Al Ghozali Jember antara lain sebagai sekolah terbaik dalam pelaksaan UN, Juara FRC Lomba Matematika dan PAI Integrasi Tingkat Nasional 2012, Juara Lomba Sains SKKS Sub Mayang, Pramuka, dan lain-lain. Untuk tahfidz Qur’an, sementara ini belum mengikuti kejuaraan tahfidz, namun siswanya ada yang lolos mendapatkan beasiswa ke Turki (tahun 2013) untuk belajar tahfidz lebih dalam, siswa tersebut bernama M. Yunus Firmansyah. Selain prestasi-prestasi tersebut, prestasi yang penting yang diharapkan oleh sekolah bahwa nantinya siswa lulus tidak hanya pandai dalam hal ilmu, namun pandai dalam hal agama.

2.2 Kekhususan SMPIT Al-Ghozali Jember

2.2.1 Bidang Tahfidz

Banyak program unggulan yang ditawarkan oleh SMPIT Al Ghozali Jember. Program unggulan yang pertama yaitu keterpaduan antara mata pelajaran dengan konsep Islam sehingga banyak kegiatan atau teori yang dihubungkan dengan ayat Al Qur’an. Kedua yaitu bahasa Arab, alasannya siswa mempelajari bahasa Arab yaitu untuk memahami kandungan kitab yang diajarkan dan merupakan salah satu pelajaran wajib. Ketiga yaitu Public Presentation, dimana siswa membuat sebuah kasus dan bagaimana cara menyelsaikannya dan hasil tersebut dipresentasikan didepan orang tua dan teman-teman mereka. Keempat yaitu program Tahfidz Qur’an, dimana program ini menjadi ciri khas dari SMPIT Al Ghozali Jember. Alasan Tahfidz Qur’an menjadi program unggulan karena siswa dituntun untuk menjadi insan yang bisa dan nantinya cakap dalam membaca dan menghafal serta mengamalkan Al Qur’an.
Program Tahfidz ini terbagi menjadi tiga kelas Tahsin 1 (dasar), kelas Tahsin 2 dan kelas Tahfidz. Kelas Tahsin 1 (dasar) merupakan suatu kelas dimanasiswa yang menghuni kelas ini merupakan siswa yang  belum bisa sama sekali membaca Al Qur’an atau bisa membaca sedikit namun belum lancar. Kelas Tahsin 2 yaitu kelas dimana siswa sudah lancar membaca dan mulai memahami Tajwid atau hukum bacaan yang berlaku dalam setiap bacaan Al Qur’an. Kelas Tahfidz yaitu kelas dimana siswa sudah lancar dan mengerti bacaan tajwid dan sudah dimulai menghafal Al Qur’an. Tahfidz sendiri dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Alumni pada 6 tahun pertama lulus dengan hafalan 2-3 juz, tahun 2013/2014 lulus dengan hafalan mencapai 4 juz, tahun 2015/2016 lulus dengan hafalan 8 juz dan tahun depan Insya Allah ada yang sudah mencapai hafalan 10 juz.
Pelaksaan Tahfidz Al Qur’an di SMPIT Al Ghozali Jember sendiri memiliki metode sendiri. Siswa diberi motivasi dan kiatan terlebih dahulu tentang keutamaan membaca dan menghafal Al Qur’an. Untuk siswa yang awal masuk pastinya asing dengan hal tersebut, maka dilakukan tes pendahuluan. Tes pendahuluan meliputi siswa dites untuk membaca Al Qur’an, hal ini nantinya yang digunakan guru sebagai pedoman pengelompokan siswa. Tes tersebut akan bisa mengelompokkan siswa untuk masuk ke kelas Tahsin 1, Tahsin 2 atau langsung menuju kelas Tahfidz. Sistem Tahfidz atau kelas Al Qur’an ini dilakukan hari Senin sampai Jumat dimana waktu setelah kegian belajar mengajar efektif selesai. Sistem Tahfidz yang dilakukan berupa sistem setoran kepada guru pengampunya. Setoran hafalan bisa dilakukan selain jam tadi yaitu pada waktu setelah sholat jamaah dan di asrama. Sistem pengajaran Tahfidz yaitu 1 guru Tahfidz maksimal memegang 10 murid. Guru pengampu kelas Tahfidz wajib hafal Al Qur’an (Hafidz & Hafidzah). Namun untuk guru pengampu kelas Tahsin 1 dan 2 tidak wajib, asalkan beliau lancar membaca Al Qur’an dan memahami hukum bacaan atau tajwidnya.

2.2.2 Asrama

SMPIT Al Ghozali Jember memiliki 2 pendekatan dalam sistem kegiatan sekolah. Pertama yaitu sistem Fullday school, dimana siswa mulai kegiatan belajar mengajar pukul 07:00 WIB sampai pukul 15:30 WIB dengan tambahan kelas Tahfidz Al Qur’an. Kedua yaitu sistem Asrama, dimana siswa yang mengambil sistem ini masuk jam 7 sama dengan Fullday namun pulang lebih awal. Siswa asrama pulang ke asrama pukul 14:00 WIB, setelah istirahat dan makan siang, nantinya siswa mengikuti kegiatan sholat Ashar berjamaah dan dilanjutkan untuk kegiatan kelas Al Qur’an. Dari kedua sistem ini memiliki dampak yang berbeda dalam segi hafalan siswa. Siswa sistem asrama lebih banyak yang bisa menghafal Al Qur’an daripada siswa Fullday school. Hal ini dikarenakan siswa asrama lebih banyak waktu diasrama untuk setoran dengan guru pengampu Tahfidz diluar jam sekolah. Sehingga kegiatan hafalan siswa lebih terkontrol dengan baik.
Sistem asrama dilakukan di SMPIT Al Ghozali Jember didasari dengan alasan agar mudah untuk mengontrol dan memantau kegiatan siswa. Untuk keluar masuk asrama baik siswa putra atau putri memiliki buku absen tersendiri. Artinya setiap meninggalkan dan masuk kembali ke asrama selalu dipantau dengan sistem seperti absensi. Setiap siswa yang hendak keluar dari asrama harus menuliskan di buku seperti absensi tersebut, apa tujuan siswa tersebut keluar asrama, setelah mendapatkan ijin dari petugas barulah siswa tersebut boleh keluar asrama. Kegiatan siswa yang mengikuti sistem asrama cukup baik dan terkontrol. Kegiatannya meliputi, siswa masuk sekolah secara umum seperti siswa Fullday yaitu jam 07:00 WIB. Setelah kegiatan belajar mengajar berakhir pukul 14:00 WIB, siswa asrama pulang ke asrama dan beristirahat terlebih dahulu. Selanjutnya siswa kembali untuk melaksanakan sholat Ashar berjamaah dan dilanjutkan setoran hafalan Al Qur’an setelah ba’da sholat ashar. Kemudian ada dzikir sore dan melaksanakan ibadah sholat Maghrib berjamaah. Lalu makan malam dan sholat Isya berjamaah dan melanjutkan kegiatan baik mengerjakan tugas atau kegiatan lain maksimal jam sepuluh malam dan tidur. Pukul 03:00-03:30 WIB siswa bangun untuk sholat tahajud, kemudian sholat Subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan kegiatan muroja’ah atau mengulang hafalan. Sampai tiba waktunya pergi ke sekolah lagi.
Siswa asrama lebih banyak berprestasi dalam bidang Tahfidz. Siswa yang lulus dengan hafalan juz terbanyak umumnya berasal dari siswa yang mengikuti sistem asrama. Siswa yang mengikuti sistem asrama memiliki kontrol diri yang sangat baik. Siswa juga berlatih hidup mandiri. Kegiatan asrama juga dikontrol oleh sekolah dan tidak lepas pengawasan. Sistem kontrol sekolah terhadap asrama yaitu dengan adanya wali asrama baik putra maupun putri. Kemudian siswa asrama akan stanby di asrama setelah pulang sekolah. Lalu siswa asrama memiliki buku absensi ketika dia hendak keluar masuk asrama sehingga ada pemantauan dari wali asrama. Begitu juga dalam kegiatan sholat berjamaah, siswa laki-laki wajib mengikutinya dan siswa perempuan tidak diwajibkan karena siswa perempuan ada kalanya haid namun sangat disarankan berjamaah jika tidak sedang haid. Dengan hal tersebut, siswa sejak dini sudah diarahkan dalam kegiatan yang positif terutama untuk sholat tepat waktu dan berjamaah dan mengamalkan Al Qur’an. Perbedaan sistem asrama di SMPIT Al Ghozali Jember dengan pondok pesantren yaitu terletak pada sistemnya. SMPIT Al Ghozali Jember termasuk lembaga pendidikan atau sekolah yang mendirikan asrama seperti pondok, sedangkan pondok pesantren adalah pondok atau asrama yang mendirikan sekolah. Selain itu, di asrama SMPIT Al Ghozali Jember sangat memperhatikan pembiasaan sholat berjamaah dan sunnah, para pengurus di asrama sangat memberikan perhatian bagi pengawalan pengamalan ilmu.




















BAB 3. PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali merupakan sekolah yang sama dengan Sekolah Menengah Pertama lainnya akan tetapi dalam pembelajarannya di kaitkan dengan ayat-ayat Al Qur’an makanya di sebut dengan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu dan hal tersebut yang membedakan sekolahan ini dengan sekolah lainnya. Inovasi pembelajaran yang terdapat pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali adalah terdapat program unggulan yang dinamakan program Tahfidz dimana siswa dituntun untuk menjadi insan yang bisa dan nantinya cakap dalam membaca dan menghafal serta mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian program Public Presentation, dimana siswa membuat sebuah kasus dan bagaimana cara menyelsaikannya dan hasil tersebut dipresentasikan didepan orang tua dan teman-teman mereka. Dan terdapat muatan lokal bahasa Arab agar siswa mempelajari bahasa Arab yaitu untuk memahami kandungan kitab yang diajarkan dan merupakan salah satu pelajaran wajib. Selain itu keunikan lainnya adalah sekolah ini mengadakan boarding house yang artinya siswa dapat tinggal di asrama dengan siswa-siswa lainnya akan tetapi juga terdapat full day school yang artinya hanya sekolah saja tanpa tinggal di asrama.

3.2 Saran

            Sebaiknya pada saat penelitian atau observasi di lakukan yang di wawancarai tidak hanya guru akan tetapi juga respon siswa terhadap program-program yang di laksanakan oleh sekolah tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates